Langsung ke konten utama

BERIMAN KEPADA ALLAH SWT MELALUI ASMAUL HUSNA


1.      PENGERTIAN
1.1  PENGERTIAN IMAN KEPADA ALLAH SWT
Menurut bahasa iman berasal dari bahasa arab aamana yang berarti percaya. Menurut Rasulullah SAW seperti yang diriwayatkan oleh ibnu majah, iman didefinisikan dengan keyakinan dengan hati, ikrar/mengucapkan dengan lisan dan dilakukan atau dibuktikan dengan perbuatan.

Berdasarkan uraian di atas dapat kita simpulkan bahwa beriman kepada Allah berarti mempercayai dengan sepenuh hati akan keberadaan Allah, mempercayai apapun yang Allah perintahkan dan Allah larang.
1.2 PENGERTIAN ASMAUL-HUSNA
Kata Asmaul-husna berasal dari bahasa arab. Al-asma berarti nama, dan al-husna berarti baik jadi Asmaul-husna berarti nama-nama Allah yang terbaik sebagai bukti kesempurnaan-Nya.
2.      7 asmaul husna
2.1 Al-Kariim (Maha Mulia)
            Allah memiliki sifat Al-Kariim, artinya Allah maha mulia, ajaran-Nya pun mengandung kemuliaan. Kemuliaan Allah tercermin dalam sifat-Nya yang tidak pilih kasih dalam memberi kenikmatan kepada makhluk-Nya, dan tidak mengharap balasan apapun.
2.2  Al-mu’min (Maha mengaruniakan keamanan)
Al-mu’min adalah isim fail dari amana yang artinya pemberi keamanan. Allah memberi keamanan kepada semua makhluk-Nya.
2.3  Al-Wakil (Maha mewakili/penolong)\
Al-wakil berasal dari kata wakala yang artinya menyerahkan dan mempercayakan suatu urusan kepada orang lain. Dalam konteks Asmaul-husna, Al-Wakil dapat dimaknai bahwa Allah adalah Dzat yang paling tepat untuk diserahi segala urusan. Artinya kita menyandarkan segala urusan kita kepada Allah SWT.
2.4  Al-Matin (Maha Kokoh/Kuat)
Allah memiliki asma Al-Matin artinya Allah adalah Dzat yang maha kokoh dalam kekuasaan-Nya, Dzat yang maha kuat dalam pendirian-Nya, serta Dzat yang maha teguh dalam janji-Nya.
2.5  Al-Jami’ (Maha Mengumpulkan)
Jami’ berasal dari kata jama’ah, yang artinya kumpulan, lebih dari satu, banyak. Allah bersifat Al-jami’ artinya Allah maha mengumpulkan/mempersatukan.
Allah mengumpulkan manusia pada hari kiamat. Ia juga mengumpulkan matahari, planet, bintang-bintang dalam tata surya dalam kesatuan yang harmonis.
2.6  Al-‘Adl ( Maha Adil)
Allah bersifat Al-‘Adl artinya yang maha adil. Maksud Allah memiliki sifat adil adalah bahwa Allah adalah Dzat yang memelihara kewajaran atas berlanjutnya eksistensi.
2.7  Al-Akhir (Maha Akhir)
Al-akhir artinya adalah Allah adalah Dzat yang paling akhir dibandingkan dengan segalanya.
3.      HIKMAH BERIMAN KEPADA ALLAH SWT
Dengan meneladani dan meyakini asmaul-husna, kita dapat menjadi manusia yang lebih baik dan memperoleh hikmah, antara lain:
1.      Memiliki keluhuran budi sesuai dengan asmaul-husna al-karim
2.      Menjadi manusia yang dapat memberikan keamanan untuk makhluk lain sesuai dengan asmaul-husna al-mu’min
3.      Hidup optimis, karena Allah akan menolong makhluk-Nya yang mengalami masalah dalam tugasnya sesuai dengan asmaul-husna al-wakiil
4.      Menjadi manusia yang teguh pendirian dalam menegakkan kebenaran dan kejujuran sesuai dengan asmaul-husna (al-matin)
5.      Mempersiapkan diri untuk berkumpul di padang mahsyar untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya di dunia, serta menjadi katalisator terbentuknya persatuan dan kesatuan umat agar terbentuk kehidupan yang harmonis. Ini sesuai dengan asmaul-husna al-jami’
6.      Menjadi manusia yang yakin bahwa Allah maha tau apa yang kita butuhkan, sehingga kita menjadi manusia yang siap mendapat ujian syukur ataupun ujian sabar dari Allah karena Allah mempunyai sifat al-‘adl

7.      Menjadi manusia yang bertanggung jawab terhadap apa yang dilakukan karena mempercayai Allah bersifat al-akhir.

Komentar



  1. Lain kata kita .lain keluar
    Tapi gogle sih suka gitu
    Mohon kalau nanya itu sesuai
    Pertanyaan,😬😞

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kami sudah menuliskan judul sesuai isi ya kaka
      terima kasih sudah berkunjung :)

      Hapus
  2. Banyak sekali ad yg bebih singkat lagi gak

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu sudah kami rangkum dari segala sumber kaka
      terima kasih sudah berkunjung:)

      Hapus
  3. Terimakasih dan jumpa lagi net net net net

    BalasHapus
  4. Sangat membantu Terima kasih banyak. 👌

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rawa Pening Drama (Bahasa Inggris)

B= Boy             : W= Woman    : V1= Villager 1 : V2= Villager 2 : V3= Villager 3 : Rawa Pening Drama Once upon a time, there was a little poor boy came into a little village. He was very hungry and weak. He knocked at every house to ask for some meal, but nobody cares him. B             : (knocks the door) “excuse me, can i get some meal? I am so hungry right now. Ohh why does nobody care me?” He did it at every house but nobody responded. He was about to give up, but he knocked at another house, finally a generous woman got out from her house, she gave him a shelter, a meal and a lesung. W            : (opens the door) “come and sit here boy! Wait for a moment! I’ll take you some meal”( goes to the kitchen) B             : “thank you, ma’am!” (sits down) W            :”here it is and it is!” (gives him a meal and a lesung) B             : (eats the meal) “oh. What is this?” W            :”this is a lesung” B             : “what for?” W            : “

Perkembangan Organisasi Sipil Masa Pendudukan Jepang

Gerakan Tiga A Merupakan nama dan semboyan, yaitu Nippon cahaya Asia, Nippon Pelindung Asia, Nippon pemimpin Asia. Didirikan pada 29 Maret 1942 Diketuai oleh Mr. Syamsuddin Sebagai wadah propaganda Jepang dengan membentuk komite di daerah-daerah. Membentuk divisi islam (Persaipan Persatuan Umat Islam) yang dipimpin oleh Abikusno Cokrosuyoso Namun organisasi ini kurang mendapat simpati dari rakyat sehingga dibubarkan pada Desember 1942. 2.        Pusat Tenaga Rakyat (PUTERA) Setelah dibubarkannya Tiga A, jepang kemudian membentuk Pemuda Asia Raya yang diketuai oleh Sukardjo Wiryopranoto, kemudian organisasi tersebut dibubarkan dan dibentuklah PUTERA. Dukungan rakyat terhadap Jepang mulai berkurang karena Jepang mulai mengekang rakyat. Kemudian Jepang kalah perang dan bekerja sama dengan tokoh nasionalis untuk memulihkan keadaan. Laalu, Jepang membentuk organisasi massa untuk menggerakkan rakyat. PUTERA dibentuk pada 16 April 1943 dengan Ir. Soekarno sebagai ket

Feminisme: Melawan Jajahan Patriarki dan Stereotip Gender

Banyak orang yang berbeda pendapat, miskonsepsi, hingga tidak setuju dengan konsep feminisme ini. Katanya, menyalahi kodrat perempuan Katanya, ambisi wanita untuk mengungguli laki-laki Katanya, tidak sesuai yang digariskan Tuhan Sebelum membahas lebih jauh mengenai feminisme, kita pahami dulu arti feminisme yang sebenarnya supaya tidak terjadi miskonsepsi Feminisme adalah sebuah gerakan yang memperjuangkan emansipasi atau persamaan hak sepenuhnya antara kaum wanita dan pria tanpa adanya diskriminasi. Marry Wallstonecraff dalam bukunya " The Right of Woman"  pada tahun 1972 mengartikan Feminisme merupakan suatu gerakan emansipasi wanita, gerakan dengan lantang menyuarakan tentang perbaikan kedudukan wanita dan menolak perbedaan derajat antara laki-laki dan wanita. Sebenarnya, Feminisme ini tidak hanya melulu soal kepentingan perempuan, namun juga soal kepentingan laki-laki. Kok bisa? Selama ini kita dijajah budaya patriarki, di mana laki-laki harus selalu l